BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Teknologi informasi dan media elektronik dinilai sebagai pelopor yang mengintegrasikan
seluruh sistem dunia, baik dalam aspek sosial, budaya, ekonomi, dan keuangan. Teknologi
informasi merupakan bagian dari telematika yang berasal dari istilah Prancis
“telematique” yang kemudian menjadi istilah umum di Eropa untuk memperlihatkan
bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi itu sendiri
hanyalah merujuk kepada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolahan
informasi. Perkembangan arus informasi pada era sekarang sangat cepat, sejarah
dari sebuah arus informasi di Indonesia sangat dipengaruhi oleh Negara-negara
maju seperti Inggris, Amerika, Rusia, German, Italy, dan Jepang. Negara-negara
benua Eropa dan Amerika terlebih dahulu menemukan sebuah teknologi untuk
memudahkan kehidupan manusia. Perubahan teknologi secara besar-besaran dipengaruhi
oleh revolusi industri yang terjadi di Inggris, semua jenis pekerjaan yang menggunakan
tenaga manusia beralih menjadi tenaga mesin. Dari revolusi industri itu banyak para
ahli menemukan alat untuk memudahkan proses pekerjaan manusia mulai dari mesin cetak,
elektronik, otomotif, telekomunikasi, dan transportasi dan lain sebagainya.
Kemudian muncul media massa elektronik seperti radio, film, dan televisi.
Perkembangan teknologi terus berkembang ditandai dengan munculnya
teknologi baru berupa teknologi informasi yang menghasilkan sistem - sistem ataupun perangkat
yang canggih.
Teknologi informasi kini berkembang dengan sangat baik dalam peradaban manusia. Kemajuan teknologi itu pun
semakin menjalar. Perangkat teknologi
saat ini tidak hanya dipakai oleh kalangan tertentu tetapi sudah sangat meluas dari lingkungan kota hingga lingkungan
pedesaan
Sejalan dengan itu teknologi dalam media elektronik seperti televisi pun
makin di tingkatkan, dengan hadirnya teknologi 3D dan 3G, memungkinkan televisi
ini memiliki jangkauan yang lebih luas dengan gambar yang baik dan berkualitas,
serta dapat menggunakan internet dan Video call berteknologi tinggi.
1.2
Permasalahan
Di Indonesia masih sedikitnya
produsen produsen TV yang menawarkan dengan harga murah yang memiliki teknologi
3D & 3G yang dapat di jangkau masyarakat menengah sehingga televisi dengan
teknologi 3D & 3G belum bisa di rasakan secara penuh oleh masyarakat.
Dengan melihat kondisi ini, maka kali ini, Perusahaan GL indonesia sebagai
salah satu perusahaan produsen televisi yang berbasis di Indonesia akan
mengadakan konferensi pers untuk meluncurkan sebuah produk televisi terbaru
yaitu “GL XXI” sebuah televisi yang berteknologi 3D & 3G dengan harga murah
dan terjangkau bagi masyarakat
1.3 Tujuan
Mendukung perkembangan teknologi
informasi guna kemajuan di Indonesia
serta menghadirkan televisi berteknologi tinggi yang murah yang bisa di jangkau
oleh masyarakat menengah ke bawah.
1.4 Manfaat
Adapun
manfaat dari peluncuran Produk televisi GL XXI berteknologi 3G maka rakyat
Indonesia yang berpenghasilan ekonomi menengah ke bawah bisa merasakan televisi
berteknologi 3D & 3G dengan harga terjangkau.
BAB II
PELAKSANAAN
KEGIATAN
2.1 Profil
Perusahaan
PT. GL Indonesia adalah perusahaan layanan elektronik dengan merek dagang
GL yang didirikan pada tahun 2000 dengan Nama GL Indonesia yang berbasis di
Indonesia. GL Indonesia mempunyai empat grup bisnis untuk menemukan dinamika unik
dari setiap bisnis.
Menawarkan bermacam-macam televisi yang sangat kompetitif untuk segmen
pasar yang luas, dan Merupakan tanggung jawab dari bisnis televisi utama GL,
berbasis pada teknologi yang canggih. Televisi berfokus pada fitur yang kaya,
televisi yang ditargetkan untuk pasar global serta harga yang terjangkau.
Jaringan selalu menawarkan infrastruktur jaringan yang memimpin, teknologi
dan layanan terkait, berdasarkan pada standar nirkabel utama untuk operator pertelevisian.
2.2 Gambaran
Umum Produk
Televisi GL XXI adalah sebuah televisi
pintar dengan harga terjangkau yang berbasis 3D & 3G produksi PT. GL
Indonesia. Televisi berukuran 36 inchi ini memiliki body yang ramping dengan
ketebalan 2cm, kualitas warna dan suara yang baik, serta terdapat aplikasi
internet dan vidio call.
2.3 Rencana
Kegiatan Konferensi Pers
Pada tahapan ini perusahaan PT. GL
Indonesia telah menetapkan langkah-langkah yang akan dilakukan terkait
launching produk televisi terbaru dari PT. GL Indonesia . Berikut ini adalah
penjabarannya sebagai berikut :
- Tema Launching sekaligus Konferensi Pers
- Memperkenalkan Produk Ponsel terbaru dari PT. GL
Indonesia yaitu Ponsel GL XXI yang berkemampuan
3D & 3G dengan harga terjangkau.
- Meningkatkan citra Positif perusahaan di mata
khalayak
- Mendukung perkembangan teknologi komunikasi guna
kemajuan telekomunikasi dan informasi di Indonesia
2.4 Media
Cetak Dan Elektronik
Adapun Media Cetak dan Elektronik
yang kami undang dalam acara Konferensi Pers dan Launching Televisi GL XXI
yaitu :
Media Cetak Media Elektronik
1. Kompas 1.
METRO TV
2. Seputar Indonesia 2.
RCTI
3. Media Indonesia 3.
TVRI
4. Kendari Pos 4.
SCTV
5. Pos Kota 5.
Kendari TV
2.5 Anggaran Dana
Anggaran dana disusun
berdasarkan perencanaan Konferensi Pers serta Launching Produk Televisi terbaru
GL XXI. Berikut rincian biaya yang akan di keluarkan :
1. Sewa
Tempat Rp
10.000.000
2. Poster
100 lembar x Rp 15.000, Rp
1.500.000
3. Brosur
500 lembar x Rp 5.000 Rp
2.500.000
4. Spanduk 5
lembar x Rp 200.000, Rp
1.000.000
5. Banner 10
lembar x Rp 100.000, Rp
1.000.000
6. Snack
Peserta Rp
5.000 000
7.
Transportasi Rp
2.000 000
8. Peralatan
Konferensi Pers Rp
3.000 000
9. Lain-Lain
Rp 2.500. 000
Total Rp
28.500 000
2.6 Siaran Pers
Memperkenalkan Produk Ponsel terbaru
dari PT. GL Indonesia yaitu Ponsel GL XXI yang berkemampuan 3D & 3G dengan harga
terjangkau, untuk mendukung perkembangan teknologi informasi guna kemajuan di Indonesia serta menghadirkan
televisi berteknologi tinggi yang murah yang bisa di jangkau oleh masyarakat
menengah ke bawah.
2.7 Time
Table
No
|
Rencana
kegiatan
|
Waktu, Tempat,
Target dan Media
|
Nara Sumber
|
Press Kit dan Konten Pesan
|
1.
|
Tema Launching sekaligus Konferensi Pers
|
10:15 am, 30 juni 2013, di Hotel Indonesia Jakarta.
Media idem.
|
Direktur PT. GL Indonesia
Drs.zoro,M.Kom
|
Siaran pers, memperkenalkan tema produk baru
|
2.
|
Memperkenalkan Produk Ponsel terbaru dari PT. GL
Indonesia
|
11:30 am, 30 juni 2013, di Hotel Indonesia Jakarta.
Media idem
|
Risa Andryos, M.Pd
|
Siaran pers
|
3.
|
Meningkatkan citra Positif
perusahaan di mata khalayak
|
13:00, 1-6 juli 2013, lapangan terbuka
se-jabodetabek
|
Fatan rusadi, mitha margaret, damas setya, pungki ayu
|
penjelasan posisi perusahaan sebagai perusahaan
yang berusaha melakukan community relation
|
4.
|
Mendukung perkembangan teknologi komunikasi guna
kemajuan telekomunikasi dan informasi di Indonesia
|
08:00 am, 7 juli 2013, lapangan terbuka Jakarta
|
Risa Andryos, M.Pd
|
Siaran Pers dan langkah penyempurnaan yang
dilakukan perusahaan.
|
BAB
III
PENUTUP
3.1
Penutup
Demikian Proposal ini kami buat,
Kami mengharapkan kerjasama semua pihak serta rekan rekan media guna kelancaran
Konferensi pers serta launching Produk Televisi Terbaru GL XXI. Atas
Perhatiannya Kami Ucapkan Banyak Terima Kasih
makasih kak, udah kasih berguan banget udah nambah refrensi..
BalasHapushttp://kordter.net