Minggu, 13 Oktober 2013

proposal konferensi pers



BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
Teknologi informasi dan media elektronik dinilai sebagai pelopor yang mengintegrasikan seluruh sistem dunia, baik dalam aspek sosial, budaya, ekonomi, dan keuangan. Teknologi informasi merupakan bagian dari telematika yang berasal dari istilah Prancis “telematique” yang kemudian menjadi istilah umum di Eropa untuk memperlihatkan bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi itu sendiri hanyalah merujuk kepada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolahan informasi. Perkembangan arus informasi pada era sekarang sangat cepat, sejarah dari sebuah arus informasi di Indonesia sangat dipengaruhi oleh Negara-negara maju seperti Inggris, Amerika, Rusia, German, Italy, dan Jepang. Negara-negara benua Eropa dan Amerika terlebih dahulu menemukan sebuah teknologi untuk memudahkan kehidupan manusia. Perubahan teknologi secara besar-besaran dipengaruhi oleh revolusi industri yang terjadi di Inggris, semua jenis pekerjaan yang menggunakan tenaga manusia beralih menjadi tenaga mesin. Dari revolusi industri itu banyak para ahli menemukan alat untuk memudahkan proses pekerjaan manusia mulai dari mesin cetak, elektronik, otomotif, telekomunikasi, dan transportasi dan lain sebagainya. Kemudian muncul media massa elektronik seperti radio, film, dan televisi. Perkembangan teknologi terus berkembang ditandai dengan munculnya teknologi baru berupa teknologi informasi yang  menghasilkan sistem - sistem ataupun perangkat yang canggih.
Teknologi informasi kini berkembang dengan  sangat baik dalam  peradaban manusia. Kemajuan teknologi itu pun semakin menjalar. Perangkat  teknologi saat ini tidak hanya dipakai oleh kalangan tertentu tetapi sudah sangat  meluas dari lingkungan kota hingga lingkungan pedesaan
Sejalan dengan itu teknologi dalam media elektronik seperti televisi pun makin di tingkatkan, dengan hadirnya teknologi 3D dan 3G, memungkinkan televisi ini memiliki jangkauan yang lebih luas dengan gambar yang baik dan berkualitas, serta dapat menggunakan internet dan Video call berteknologi tinggi.



1.2 Permasalahan
Di Indonesia masih sedikitnya produsen produsen TV yang menawarkan dengan harga murah yang memiliki teknologi 3D & 3G yang dapat di jangkau masyarakat menengah sehingga televisi dengan teknologi 3D & 3G belum bisa di rasakan secara penuh oleh masyarakat. Dengan melihat kondisi ini, maka kali ini, Perusahaan GL indonesia sebagai salah satu perusahaan produsen televisi yang berbasis di Indonesia akan mengadakan konferensi pers untuk meluncurkan sebuah produk televisi terbaru yaitu “GL XXI” sebuah televisi yang berteknologi 3D & 3G dengan harga murah dan terjangkau bagi masyarakat
1.3  Tujuan
Mendukung perkembangan teknologi informasi  guna kemajuan di Indonesia serta menghadirkan televisi berteknologi tinggi yang murah yang bisa di jangkau oleh masyarakat menengah ke bawah.
1.4  Manfaat
Adapun manfaat dari peluncuran Produk televisi GL XXI berteknologi 3G maka rakyat Indonesia yang berpenghasilan ekonomi menengah ke bawah bisa merasakan televisi berteknologi 3D & 3G dengan harga terjangkau.










BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

2.1 Profil Perusahaan
PT. GL Indonesia adalah perusahaan layanan elektronik dengan merek dagang GL yang didirikan pada tahun 2000 dengan Nama GL Indonesia yang berbasis di Indonesia. GL Indonesia mempunyai empat grup bisnis untuk menemukan dinamika unik dari setiap bisnis.
Menawarkan bermacam-macam televisi yang sangat kompetitif untuk segmen pasar yang luas, dan Merupakan tanggung jawab dari bisnis televisi utama GL, berbasis pada teknologi yang canggih. Televisi berfokus pada fitur yang kaya, televisi yang ditargetkan untuk pasar global serta harga yang terjangkau.
Jaringan selalu menawarkan infrastruktur jaringan yang memimpin, teknologi dan layanan terkait, berdasarkan pada standar nirkabel utama untuk operator pertelevisian.
2.2 Gambaran Umum Produk
Televisi GL XXI adalah sebuah televisi pintar dengan harga terjangkau yang berbasis 3D & 3G produksi PT. GL Indonesia. Televisi berukuran 36 inchi ini memiliki body yang ramping dengan ketebalan 2cm, kualitas warna dan suara yang baik, serta terdapat aplikasi internet dan vidio call.   
2.3 Rencana Kegiatan Konferensi Pers
Pada tahapan ini perusahaan PT. GL Indonesia telah menetapkan langkah-langkah yang akan dilakukan terkait launching produk televisi terbaru dari PT. GL Indonesia . Berikut ini adalah penjabarannya sebagai berikut :  
- Tema Launching sekaligus Konferensi Pers
- Memperkenalkan Produk Ponsel terbaru dari PT. GL Indonesia yaitu Ponsel GL XXI yang  berkemampuan 3D & 3G dengan harga terjangkau.
- Meningkatkan citra Positif perusahaan di mata khalayak
- Mendukung perkembangan teknologi komunikasi guna kemajuan telekomunikasi dan informasi di Indonesia  
2.4 Media Cetak Dan Elektronik
Adapun Media Cetak dan Elektronik yang kami undang dalam acara Konferensi Pers dan Launching Televisi GL XXI yaitu :
Media Cetak                                                  Media Elektronik
1. Kompas                                                       1. METRO TV
2. Seputar Indonesia                                       2. RCTI
3. Media Indonesia                                         3. TVRI
4. Kendari Pos                                                4. SCTV
5. Pos Kota                                                     5. Kendari TV

2.5 Anggaran Dana
Anggaran dana disusun berdasarkan perencanaan Konferensi Pers serta Launching Produk Televisi terbaru GL XXI. Berikut rincian biaya yang akan di keluarkan :
1. Sewa Tempat                                                    Rp 10.000.000
2. Poster 100 lembar x Rp 15.000,                        Rp 1.500.000
3. Brosur 500 lembar x Rp 5.000                          Rp 2.500.000
4. Spanduk 5 lembar x Rp 200.000,                     Rp 1.000.000
5. Banner 10 lembar x Rp 100.000,                      Rp 1.000.000
6. Snack Peserta                                                    Rp 5.000 000
7. Transportasi                                                       Rp 2.000 000
8. Peralatan Konferensi Pers                                 Rp 3.000 000
9. Lain-Lain                                                          Rp 2.500. 000


 
Total                                                                      Rp 28.500 000





2.6 Siaran Pers
Memperkenalkan Produk Ponsel terbaru dari PT. GL Indonesia yaitu Ponsel GL XXI yang  berkemampuan 3D & 3G dengan harga terjangkau, untuk mendukung perkembangan teknologi informasi  guna kemajuan di Indonesia serta menghadirkan televisi berteknologi tinggi yang murah yang bisa di jangkau oleh masyarakat menengah ke bawah.
2.7 Time Table
No
Rencana kegiatan
Waktu, Tempat, Target dan Media
Nara Sumber
Press Kit dan Konten Pesan
1.
Tema Launching sekaligus Konferensi Pers

10:15 am, 30 juni 2013, di Hotel Indonesia Jakarta. Media idem.
Direktur PT. GL Indonesia
Drs.zoro,M.Kom
Siaran pers, memperkenalkan  tema produk baru
2.
Memperkenalkan Produk Ponsel terbaru dari PT. GL Indonesia
11:30 am, 30 juni 2013, di Hotel Indonesia Jakarta. Media idem
Risa Andryos, M.Pd
Siaran pers
3.
Meningkatkan citra Positif perusahaan di mata khalayak
13:00, 1-6 juli 2013, lapangan terbuka se-jabodetabek
Fatan rusadi, mitha margaret, damas setya,  pungki ayu
penjelasan posisi perusahaan sebagai perusahaan yang berusaha melakukan community relation
4.
Mendukung perkembangan teknologi komunikasi guna kemajuan telekomunikasi dan informasi di Indonesia
08:00 am, 7 juli 2013, lapangan terbuka Jakarta
Risa Andryos, M.Pd
Siaran Pers dan langkah penyempurnaan yang dilakukan perusahaan.

BAB III
PENUTUP
3.1 Penutup
Demikian Proposal ini kami buat, Kami mengharapkan kerjasama semua pihak serta rekan rekan media guna kelancaran Konferensi pers serta launching Produk Televisi Terbaru GL XXI. Atas Perhatiannya Kami Ucapkan Banyak Terima Kasih

1 komentar:

  1. makasih kak, udah kasih berguan banget udah nambah refrensi..
    http://kordter.net

    BalasHapus